SMK PASUNDAN 3 BANDUNG

1. Rencana Kunjungan Industri minggu ke-3 februari 2010
2. program pemantapan telah dijadwalkan
3. Uji kompetensi februari tanggal 11-12 Februari 2010

SMKN 11

1. Segera selesaikan tugas dan tanggung jawab anda!!
kegiatan shooting paling lambat 1 minggu sebelum PKL
2. PKL dilaksanakan mulai tanggal 1 November-31 Januari

faridah_alawiyah_edutech

Selamat datang di aura pendidikan Mendidik adalah suatu kajian profesional yang harus selalu kita fikirkan, rasakan, dan lakukan...

MATERI RPP 17.05

RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan penjabaran lebih lanjut dari silabus dan merupakan komponen penting dari KTSP yang pegembangannya harus dilakukan secara profesional. Tugas guru yang paling utama terkait dengan RPP berbasis KTSP adalah menjabarkan silabus ke dalam RPP yang lebih operasional dan rinci serta siap dijadikan pedoman atau skenario dalam pembelajaran.

A. Hakikat perencanaan
RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar dan penilaian. RPP KTSP yang akan bermuara pada pelaksanaan pembelajaran, sedikitnya mencakup tiga kegiatan, yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan kompetensi dasar dan penyusunan program pembelajaran.



B. Fungsi RPP
1) Fungsi perencanaan
Rencana pelaksanaan pembalajaran hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang.
2) Fungsi pelaksanaan
RPP harus disusun secara sistemik dan sistematis, utuh dan menyeluruh dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam situasi pembelajaran yang aktual. Dengan demikian RPP berfungsi untuk mengefektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan.

C. Prinsip pengembangan RPP
1) Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas.
2) RPP harus sederhana dan fleksibel, serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik.
3) Kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diwujudkan.
4) RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh, serta jelas pencapaiannya.
5) Harus ada koordinasi antar komponen pelaksanaan program di sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim atau dilaksanakan diluar kelas, agar tidak mengganggu jam-jam pelajaran yang lain.

4. Cara pengembangan RPP
1) Mengisi kolom identitas.
2) Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan.
3) Menentukan SKKD serta indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
4) Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SKKD, serta indikator yang telah ditentukan.
5) Mengidentifikasi materi standar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus.
6) Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan.
7) Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti dan kegiatan akhir.
8) Menentukan sumber belajar yang digunakan.
9) Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal dan teknik penskoran.

Contoh format RPP

Mata pelajaran :
Kelas/program :
Semester :
Pertemuan ke :
Alokasi waktu :
Standar kompetensi :
Kompetensi dasar :
Indikator :
I. Tujuan pembelajaran :
II. Materi pembelajaran :
III. Metode pembelajaran :
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal.
B. Kegiatan inti.
C. Kegiatan akhir.
V. Alat/media dan sumber belajar
A. Alat/media
B. Sumber belajar
VI. Penilaian

Bandung,..............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA.............

................................. .................................

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada gak RPP smk Multimedia klo ada kirim dong ke e-mail saya:
ekamustikaputra@yahoo.co.id

Posting Komentar

Silahkan menuliskan fikiran anda!